1. Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, kewenangan pemerintahan daerah meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Pemerintah daerah menyelenggarakan urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya sesuai dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Pemerintah daerah melaksanakan urusan pemerintahan konkuren yang diserahkan oleh pemerintah pusat menjadi dasar pelaksanaan otonomi daerah dengan berdasar atas asas tugas pembantuan.
- Pemerintahan daerah dalam melaksanakan urusan pemerintahan umum yang menjadi kewenangan presiden dan pelaksanaannya dilimpahkan kepada gubernur dan bupati/wali kota, dibiayai oleh APBN.
Selengkapnya dapat dilihat disini
2. Peraturan Pemerintah (PP) NO. 12, LN.2019/NO.42, TLN NO.6322, LL Setkab : 144 Hlm. peraturan Pemerintah (PP) Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah sebagai berikut:
- Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 293 dan Pasal 330 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, perlu menetapkan peraturan pemerintah tentang pengelolaan keuangan daerah.
- Dasar hukum PP ini adalah Pasal 5 ayat (2) UUD 1945; UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah; dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
- PP ini mengatur mengenai lingkup keuangan daerah yang meliputi antara lain pajak dan retribusi daerah, kewajiban daerah, penerimaan dan pengeluaran daerah, kekayaan daerah yang dikelola sendiri atau pihak lain, maupun kekayaan pihak lain yang dikuasai oleh pemerintah daerah. Selain itu, dalam PP ini mengatur mengenai pengelola keuangan daerah, APBD, penyusunan Rancangan APBD, penetapan APBD, pelaksanaan dan penatausahaan APBD, laporan realisasi, akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah daerah, penyusunan rancangan pertanggungjawaban APBD, kekayaan daerah dan utang daerah, Badan Layanan Umum Daerah, penyelesaian kerugian keuangan daerah, informasi keuangan daerah, hingga pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan daerah.
Selengkapnya dapat dilihat disini
3. Peraturan Kementerian Dalam Negeri (PERMENDAGRI) NO. 70, BN. 2019/ NO. 1114, Peraturan.go.id : 16 HLM
Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah
Selengkapnya dapat dilihat disini
4. Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) NO. 90, BN 2019/ NO 1447; peraturan.go.id : 7 HLM
Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Tentang Klasifikasi, Kodefikasi, Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah
Selengkapnya dapat dilihat disini
5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021
Selengkapnya dapat dilihat disini
6. Undang-Undang (UU) NO. 37, LN. 2003/ NO. 152, TLN NO. 4347, LL SETNEG : 16 HLM
Undang-Undang (Uu) Tentang Pembentukan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Dan Kabupaten Ogan Ilir Di Provinsi Sumatera Selatan
Selengkapnya dapat dilihat disini
7. Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 Pengelolaan Keuangan Daerah.
Peraturan Menteri Dalam Negeri atau Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah ini diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 221 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.
Peraturan Mendagri atau Permendagri Nomor 77 Tahun 2020Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, yang dimaksud dengan Pengelolaan Keuangan Daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah.
Selengkapnya dapat dilihat disini
8. PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN
NOMOR 46 TAHUN 2021
TENTANG
PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN
NOMOR 52 TAHUN 2020 TENTANG TAMBAHAN PENGHASILAN
APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH
KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
9.PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN
NOMOR 22 TAHUN 2018
KODE ETIK PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
10. PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN
NOMOR 14 TAHUN 2023
TENTANG
PERUBAHAN ATAS PERATURAN BUPATI
NOMOR 28 TAHUN 2022 TENTANG TAMBAHAN PENGHASILAN
APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH
KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
11. PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN
NOMOR 28 TAHUN 2022
TENTANG
TAMBAHAN PENGHASILAN APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
12. PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN
NOMOR 47 TAHUN 2020
TENTANG
STANDAR KOMPETENSI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DAN JABATAN ADMINISTRATOR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
13 PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA
DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 4 TAHUN 2020
TENTANG
JABATAN FUNGSIONAL PERENCANA
Selengkapnya dapat dilihat disini
14. PERATURAN TENTANG LKPJ SAKIP
Selengkapnya dapat dilihat disini
15. Pebup Pedemoan Pengelolaan Risiko di Lingkungan Kab OKUS
Selengkapnya dapat dilihat disini
16. Perbup Rancangan RKPD tahun 2024
Selengkapnya dapat dilihat disini
17. SOP DAN STRUKTUR BPKAD
Selengkapnya dapat dilihat disini
18.BUKU AGENDA DAN KEWENANGAN SURAT MENYURAT
Selengkapnya dapat dilihat disini
19. PERBUB PENGEMBANGAN KOMPENTESI DAN PROMOSI MUTASI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
20. PERBUP 26 – SOTK PD OKUS (INDUK) DAN Perbup No. 61 Tahun 2019
Selengkapnya dapat dilihat disini
21. Perbup 38 thn 2022 (Pedoman Pengelolaan)
Selengkapnya dapat dilihat disini
22. PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN NOMOR 61 TAHUN 2019
TENTANG
PEMBENTUKAN UNIT PELAKSANA TEKNIS PADA DINAS DAN BADAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
23. KEPUTUSAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN NOMOR : 050/172 /KPTS/BAPPEDA LITBANG/2023
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN BUPATI TENTANG RENCANA KERJA PERANGKAT DAERAH
KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
TAHUN 2024.
Selengkapnya dapat dilihat disini
24. KEPUTUSAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN
NOMOR : 269/KPTS/DISKOMINFO/2018
TENTANG
TIM KOORDINASI PENGELOLAAN PENGADUAN DAN PETUGAS ADMINISTRATOR PENGELOLAAN LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT-SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
Selengkapnya dapat dilihat disini
25. PERATURAN BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN NOMOR 25 TAHUN 2023
TENTANG RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2024
Selengkapnya dapat dilihat disini