Menu Close

Lepas Dari Raport Merah, Kini Kab OKU Selatan Raih Predikat Inovatif Di Ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2021

Posted in Berita, Berita Highlight

bpkad.okuselatankab.go.id – BPKAD OKUS sumbangsi inovasi dengan skor di atas 100 poin, diikuti disdukcapil dan bksdm yang juga menyumbang score diatas 100. Sedangkan OPD lainnya rara rata dengan 26 poin. Kolaborasi Tim Inovator BPKAD, Bappeda, dan Disdukcapil berhasil mengangkat nama baik OKU Selatan meraih predikat “Kabupaten Inovatif” yang sebelumnya sempat berada di zona raport merah kategori kurang inovatif selama satu tahun sebelumnya. Tim inovator ini bergerak cepat setelah mendapatkan arahan, monitoring dan evaluasi dari Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan pada Hari Selasa, Tanggal 14 September 2021.

Pembinaan Kegiatan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI kepada Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ibu Ika Oktavianti, S.E., M.Kom yang dalam hal ini mewakili Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, menjelaskan bahwa Penilaian dan Pemberian Penghargaan IGA berdasarkan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana tertuang dalam Pasal 388 Ayat (9) dan Ayat (11) menyatakan bahwa “Pemerintah Pusat memberikan penilaian terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah” dan “Pemerintah Pusat memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada Pemerintah Daerah yang berhasil melaksanakan inovasi”. Tujuannya adalah memotivasi Pemerintah Provinsi/ Kab/ Kota untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat sesuai dengan kategori, menerapkan penerapan good governance, dll.

Hasil dari pembinaan IGA 2021 adalah Kepala Bappeda Litbang, Bapak Natalion, S.STP., M.Si telah menyusun SK Bupati terkait Penunjukan PIC IGA untuk setiap OPD di Pemkab OKUS, menyusun SK Bupati terkait penetapan seluruh inovasi yang menjadi kewenangan Pemkab OKUS,  petugas operator memahami dan bisa mengimplementasikan input data ke aplikasi, serta skor setelah pembinaan Tim Inovator BPKAD, Bappeda, Disdukcapil bersinergi sebagai sumbangsi indikator skor tertinggi dibanding OPD lainnya dan membawa peningkatan menjadi 36,47 (inovatif) dengan peringkat naik menjadi ke-8 di Sumatera Selatan.

Ibu Ika Oktavianti, S.E., M.Kom membahas kondisi Kab OKU Selatan sebelumnya, Skor inovasi Kab OKUS adalah 21,65 (kurang inovatif) berada diperingkat ke-346 Nasional. Dari hasil monitoring, inovasi yang dihasilkan oleh Pemkab OKUS sangat baik, bahkan beberapa inovasi sudah dilaunching oleh Bupati, namun salah satu yg menjadi kendala adalah petugas operator kurang memiliki keterampilan dan pemahaman dalam menginput data pendukung.

Selanjutnya diharapkan kedepan Kabupaten OKU Selatan dapat menghasilkan Pemerintah Daerah dengan predikat lebih tinggi serta membawa OKU Selatan Bersinar tentu dengan aktifnya para OPD membentuk Tim Inovator.

 

Related Posts