Menu Close

PENELITIAN ADMINISTRASI DAN FISIK USULAN PENJUALAN BARANG MILIK DAERAH TAHUN ANGGARAN 2021

Posted in Berita, Kegiatan

Penjualan kendaraan bermotor dinas operasional.

Penjualan barang milik daerah berupa kendaraan bermotor dinas operasional dapat dilaksanakan apabila telah memenuhi persyaratan, yakni berusia paling singkat 7 (tujuh) tahun. Yang dimaksud dengan berusia paling sedikit usia 7 (tujuh) tahun atas penjualan barang milik daerah berupa kendaraan bermotor dinas operasional adalah: a. terhitung mulai tanggal, bulan, dan tahun perolehannya sesuai dokumen kepemilikan, untuk perolehan dalam kondisi baru; atau b. terhitung mulai tanggal, bulan, dan tahun pembuatannya sesuai dokumen kepemilikan, untuk perolehan tidak dalam kondisi baru.

Dalam hal barang milik daerah berupa kendaraan bermotor rusak berat dengan sisa kondisi fisik setinggi-tingginya 30 % (tiga puluh persen), maka penjualan kendaraan bermotor dapat dilakukan sebelum berusia 7 (tujuh) tahun. Penjualan kendaraan bermotor dilakukan sebelum berusia 7 (tujuh) tahun berdasarkan surat keterangan tertulis dari instansi yang berkompeten

Tata Cara Penjualan Barang Milik Daerah pada Pengelola Barang.

Pelaksanaan penjualan barang milik daerah yang berada pada Pengelola Barang  dilakukan berdasarkan: a. Inisiatif Gubernur/Bupati/Walikota; atau b. Permohonan pihak lain.

Penjualan barang milik daerah pada Pengelola Barang  diawali dengan membuat perencanaan penjualan yang meliputi antara lain: a. data barang  milik daerah; b. pertimbangan penjualan; dan c. pertimbangan dari aspek teknis, ekonomis, dan yuridis oleh Pengelola Barang.

Pengelola Barang menyampaikan usulan penjualan kepada Gubernur/Walikota/Bupati disertai perencanaan penjualan. Gubernur/Bupati/Walikota melakukan penelitian atas usulan penjualan. Penelitian atas usulan penjualan berkaitan dengan perencanaan penjualan yaitu data barang milik daerah,  pertimbangan penjualan, pertimbangan dari aspek teknis, ekonomis, dan yuridis oleh Pengelola Barang. Dalam melakukan penelitian atas usulan penjualan, Gubernur/Bupati/Walikota membentuk Tim untuk melakukan penelitian yang meliputi: a. penelitian data administratif; b. penelitian fisik.

Penelitian administratif dilakukan untuk meneliti: a. status dan bukti kepemilikan, gambar situasi termasuk lokasi tanah, luas, nilai perolehan tanah, dan data identitas barang, untuk data barang milik daerah berupa tanah; b. tahun perolehan, jenis konstruksi, luas, nilai perolehan bangunan, nilai buku, dan data identitas barang, untuk data barang milik daerah berupa bangunan; dan c. tahun perolehan, jumlah, nilai perolehan, nilai buku, dan data identitas barang, untuk data barang milik daerah berupa selain tanah dan/atau bangunan.

Related Posts