Menu Close

PEMERINTAH KABUPATEN OKU SELATAN IKUTI PENYERAHAN DIPA DAN TKDD 2021 OLEH PRESIDEN RI SECARA VIRTUAL

Posted in Berita Okus

Muaradua (25/11) Mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzi, S,E., M.SI. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP.,M.Si., ikuti Kegiatan Penyerahan Daftar Isian (DIPA) dan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021 oleh Presiden RI Melalui Video Conference. Rabu (25/11/2020).

Bertempat di Ruang Video Conference Diskominfo OKU Selatan, turut mendampingi BPKAD, Kepala Bappenda, Kepala DPMPD serta undangan lainnya.

Dalam Laporan Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati menyampaikan penyusunan APBN 2021 dilakukan dalam situasi yang sangat menantang akibat covid-19 yang menyebabkan guncangan sangat hebat.

Diantaranya mobilitas manusia yang dibatasi, perdagangan global merosot, sektor keuangan global bergejolak, harga komoditas menurun tajam, dan bahkan ekonomi global masuk jurang resesi.

Oleh sebab itu, keuangan negara menjadi instrumen utama dan sangat penting di dalam menghadapi krisis akibat pandemi covid-19. Termasuk memberikan perlindungan sosial dan melakukan ekonomi sesuai Perpres 72/2020 APBN tahun 2020 yang diperkirakan mengalami defisit 6,34 persen dari PDB atau sekitar Rp 1.039 triliun.

“Defisit yang sangat besar diharapkan mampu menjadi kekuatan counter cyclical dari Pelemahan ekonomi. Sehingga kontraksi ekonomi dapat diminimalkan pada kisaran minus 1,7 hingga minus 0,6 untuk tahun 2020 ini,” Ujar Menkeu.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo meminta jajaran menteri, kepala daerah, dan kepala lembaga melakukan reformasi anggaran agar bisa menggerakkan ekonomi, baik nasional maupun daerah.

Presiden juga meminta jajarannya memanfaatkan APBN dan APBD dengan cermat, efektif, dan tepat sasaran.
di menekankan seluruh rupiah dan APBN dan APBD harus betul-betul di belanjakan untuk kepentingan rakyat.

Selain itu presiden juga menekankan dalam menghadapi ketidakpastian sekarang ini fleksibilitas dalam menggunakan anggaran sangat penting. tugas utama kita adalah memecahkan masalah masyarakat, dan membantu rakyat dan kehati-hatian, transparansi, akuntabilitas itu menjadi bagian integral dalam pelaksanaan APBN dan APBD.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

Related Posts